Kamis, 16 Januari 2014

Review : Another

/hari keempat/ Cerita kutukan di kelas 3-3 SMP Yomikita, 26 tahun silam, dimulai ketika ada seorang murid laki-laki yang disenangi oleh semua orang di sekolah itu, meninggal dunia. Kepergiannya yang mendadak membuat seisi sekolah gempar dan merasa tidak bisa menerima kenyataan itu. Karena kondisi inilah, seorang murid teman sekelasnya berkata kalau anak laki-laki itu belum meninggal, dia masih berada di kelas itu, ikut belajar bersama, sampai-sampai di berikan bangku kosong dan sepakat bertingkah seolah-olah anak itu masih hidup. Ternyata, yang mereka lakukan ini cukup jauh hingga kutukan menyerang kelas tersebut.

video

Jessssss, opening song-nya aja nyeremin gitu ;_; nuansa kelam, gelap, suram, horor bercampur jadi satu. Gue download film ini dulu karena rating-nya bagus, tanpa tahu kalau ini anime genre horor-thriller, bisa dibilang ini anime pertama thriller yang gue tonton. Judulnya Another, berkisah tentang anak laki-laki bernama Kouichi Sakakibara yang baru saja tiba dari Tokyo. Karena penyakitnya kambuh dan harus di rawat di rumah sakit, dia nggak bisa datang di hari pertama sekolah. Tiga perwakilan kelas yang tergabung dalam anggota tindak pencegahan datang menjenguknya. Mereka itu Tomokiho Kazami, Yukari Sakuragi, dan Izumi Akazawa. Waktu berjabat tangan dengan Sakakibara, Akazawa merasakan ada sesuatu yang tidak asing dengan diri Sakakibara. Dia bisa tahu soalnya dia punya kekuatan supranatural gitu. Tapi, waktu Sakakibara bilang ini pertama kalinya dia datang ke daerah itu, Akazawa nggak jadi menanyakan sesuatu pada Sakakibara.

Pada malam hari, masih di rumah sakit tempat ia dirawat, Sakakibara bertemu lagi dengan murid SMP Yomikita di dalam lift. Ia seorang gadis berambut hitam dengan satu matanya di beri penutup. Ia terus berjalan menuju kamar mayat sambil menenteng boneka. Namanya Misaki Mei. Dia tidak terlalu menghiraukan tatapan aneh penuh selidik Sakakibara, ia terus berjalan sampai menghilang dari pandangan Sakakibara.

Setelah memulai kehidupan sebagai pelajar di sekolah barunya, Sakakibara menyadari kalau keberadaan Misaki seolah-olah dianggap tidak ada oleh teman sekelasnya. Sakakibara sempat berpikir kalau Misaki hanyalah roh, tapi setelah mendengar penjelasan Misaki yang bilang kalau dia manusia, kecurigaan Sakakibara semakin menjadi, ditambah lagi permintaan Misaki untuk tidak menghiraukannya di mana pun ia berada. Namun, Sakakibara cukup keras kepala dan tidak menuruti permintaan Misaki. Menurutnya apa yang dilakukan oleh teman-teman sekelasnya sudah keterlaluan. Sakakibara tidak menyadari sesuatu yang akan terjadi apabila ia terus melakukan hal itu.......hiksss

Karena inilah, anggota tindakan pencegahan yang diketuai Akazawa harus bertindak. Terlebih karena sudah muncul korban, yakni Sakuragi, yang tewas karena kutukan kelas 3-3. Sakakibara akhirnya diperlakukan sama seperti Misaki. Mereka berdua dianggap seolah-olah nggak ada di kelas itu untuk mencegah korban selanjutnya. Mereka nggak tahu kalau hal yang mereka lakukan sia-sia. Kutukan itu akan tetap ada di kelas tersebut, karena mereka sudah melakukan kesalahan dari awal. FYI, cara matinya si Sakuragi itu tragis banget....ala-ala Final Destination gitu lah, ketancep payung di leher....kampret ih gue sampai teriak-teriak waktu liatnya, nggak bisa dibilang lebay sih soalnya itu tiba-tiba banget. Kepleset, kejengkang, payungnya tetiba kebuka, jleb.....goodbye....

Menurut gue, Another bener-bener unggul dari segi ceritanya. Nggak terlalu terburu-buru, jadi kita bisa memahami sedikit demi sedikit cerita yang mau disuguhin sama yang bikin. Visual sama audionya juga mantepppp bangetssss (ง'̀⌣'́)ง darah dimana-mana, dibuat senatural mungkin dan nggak kaku. Musiknya Astagfirullah, pas banget, bikin deg deg an.... jadi, gue saranin yang masih berumur belia nggak cocok nonton Anime ini, terlalu sadis meskipun sudah di sensor sana-sini tapi tetepa aja ya, namanya juga thriller.

Terus yang nggak kalah seru itu ending-nya tjoooyyy!!! setelah dimanjakan dengan adegan-adegan berbahaya ala debus yang di lakukan oleh anak-anak SMP, api-api berkobaran dimana-mana, saling bunuh sambil ketawa-ketawa di episode-episode akhir, sampailah kita semua pada satu kesimpulan kalau orang yang mereka buru sebagai si orang mati itu adalah.................................sumpah!!! bener-bener eksekusi yang baikkkk sekali.....jujur gue bener-bener nggak bisa nebak, kalaupun nebak ya gue ternyata salah, soalnya setiap karakter punya peluang jadi si penerus kutukan kelas 3-3 (‾˛‾”)









Jadi, buat kalian penikmat genre ini, Another layak buat kalian tonton. Ada sebelnya juga sih, kenapa anime bagus gini episodenya cuma seiprit (╥﹏╥) gue kurang puassss!!! Atmosfer mencekamnya kerasa banget, nggak bakal nyesel deh!!! Oh iya, yang berharap bakal ada adegan romantis-romantis antara Sakakibara dan Misaki, bersiap kecewa ya, soalnya ini pure anime sadis...../termasuk gue yang kecewa/
Photobucket

Tidak ada komentar: