Jumat, 18 Juni 2010

Autisme ?

* Autisme adalah suatu kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masa balita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal. Akibatnya anak tersebut terisolasi dari manusia lain dan masuk dalam dunia repetitif, aktivitas dan minat yang obsesif.

* Seperti apakah anak yang terkena autisme?

Sejak lahir sampai dengan umur 24 - 30 bulan anak anak yang terkena autisme umumnya terlihat normal. Setelah itu orang tua mulai melihat perubahan seperti keterlambatan berbicara, bermain dan berteman (bersosialisasi). Autisme adalah kombinasi dari beberapa kelainan perkembangan otak. Kemampuan dan perilaku dibawah ini adalah beberapa kelainan yang disebabkan oleh autisme.


Komunikasi:


Kemampuan berbahasa mengalami keterlambatan atau sama sekali tidak dapat berbicara. Menggunakan kata kata tanpa menghubungkannya dengan arti yang lazim digunakan. Berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh dan hanya dapat berkomunikasi dalam waktu singkat.

Fakta diatas TIDAK TERDAPAT DALAM DIRIKU , kecuali yang berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh, saya biasa melakukannya, walaupun hanya kucing saya yang tahu, itu pun saya lakukan dari kelas 3 SD jadi tidak dalam waktu yang singkat.


Bersosialisasi (berteman)
Lebih banyak menghabiskan waktunya sendiri daripada dengan orang lain. Tidak tertarik untuk berteman. Tidak bereaksi terhadap isyarat-isyarat dalam bersosialisasi atau berteman seperti misalnya tidak menatap mata lawan bicaranya atau tersenyum.

Hohoho, fakta di atas TIDAK TERDAPAT DALAM DIRIKU, karena saya merupakan mahluk sosial yang lumayan hebat. Saya memiliki banyak teman di sekolah ( juga musuh ). Kalaupun saya tak bereaksi terhadap isyarat-isyarat dalam bersosialisasi, itu saya lakukan mungkin karena kebelet atau teman yang saya ajak bicara sedang bau mulut. Dan kalau soal tersenyum, wah-wah jangan diragukan lagi, saya sangat murah senyum, murah senyum-senyum.


Kelainan penginderaan

Sensitif terhadap cahaya, pendengaran, sentuhan, penciuman dan rasa (lidah) dari mulai ringan sampai berat.

Maaf ya, sekali lagi fakta diatas TIDAK TERDAPAT DALAM DIRIKU, hanya saja teman-teman bilang kalau indera perasa yang saya miliki merupakan kelebihan saya, saat di tanya apa rasa bakso, saya jawab rasa ember, gak nyambung? sama saya juga bingung.


Bermain


Tidak spontan / reflek dan tidak dapat berimajinasi dalam bermain. Tidak dapat meniru tindakan temannya dan tidak dapat memulai permainan yang bersifat pura-pura.

Tentu saya akan menjawab bahwa fakta diatas TIDAK TERDAPAT DALAM DIRIKU, tidak dapat memulai permainan yang bersifat pura-pura? Hello, hidup saya dalam dunia nyata penuh dengan kepura-puraan, pura-pura bodoh, pura-pura jelek, pura-pura kere, pura-pura ninja, pura-pura Brazil, pura-pura aku yang mati kemaren jadinya aku sedih banget. Ada yang kurang? Comment.


Perilaku


Dapat menjadi sangat hiperaktif atau sangat pasif (pendiam). Marah tanpa alasan yang masuk akal. Amat sangat menaruh perhatian pada satu benda, ide, aktifitas ataupun orang. Tidak dapat menunjukkan akal sehatnya. Dapat sangat agresif ke orang lain atau dirinya sendiri. Seringkali sulit mengubah rutinitas sehari-hari.

Ehmmmm, bingung, dalam wacana ini sangat menunjukkan jati diri saya, tapi untuk sekian kalinya saya menyatakan bahwa fakta diatas TIDAK TERDAPAT DALAM DIRIKU, sangat hiperaktif atau sangat pendiam, dalam kasus ini, mungkin saja saat itu saya khilaf, bisa saja. Marah tanpa alasan yang masuk akal, gak kok saya sukanya masuk sekolah. Amat sangat menaruh perhatian pada satu benda, ide, aktifitas ataupun orang, mungkin saja saya saat itu iseng. Tidak dapat menunjukkan akal sehat, saya sehat kok, sudah-sudah jangan diperiksa ah. Dapat sangat agresif ke orang lain atau dirinya sendiri, itu berarti saya aktif ( mencoba menyangkal ). Seringkali sulit mengubah rutinitas sehari-hari, ya orang normal juga kan ga mungkin bisa mengubah rutinitasnya sehari-hari, mandi sambil makan, kan susah, mandi sambil tidur, REPOOOTTT !

Jadi bisa dipastikan SAYA TIDAK AUTIS ! terima kasih

Wasallam.


Tidak ada komentar: